18K

Bercinta memang melelahkan, namun bukan berarti bisa langsung tidur setelah melakukan hal tersebut. Kebanyakan pasangan memang memilih untuk langsung tidur, padahal itu tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi wanita.

Tahukah kamu bahwa kebersihan setelah bercinta menjadi syarat utama untuk mencegah infeksi pada organ intim wanita. Dokter Boyke mengatakan setelah bercinta biasanya jaringan dalam miss V akan berada pada kondisi yang sudah di lumasi karena penetrasi. Selain itu biasanya organ intim juga akan sedikit membengkak karena mendapat gesekan dari organ intim pria. Tentunya kondisi tersebut dapat mengubah reaksi jaringan di dalam miss V terhadap lingkungan di luar.

Untuk itu, lebih baik kita mencegah terjadinya risiko penularan infeksi pada organ intim wanita. Berikut Boykepedia berikan beberapa tips yang harus wanita perhatikan setelah bercinta untuk merawat organ intimnya.

Jangan lupa buang air kecil

 Pada saat proses penetrasi antara pria dan wanita, maka akan terjadi proses mendorong dari organ intim pria dan tentunya hal tersebut juga akan berpengaruh pada terdorongnya bakteri ke dalam kandung kemih wanita. Jika memang wanita tersebut lupa untuk buang air kecil setelah berhubungan intim  maka akan meningkatkan terjadinya infeksi kandung kemih.

Minimal satu jam setelah berhubungan intim usahakan untuk buang air kecil. Perhatikan juga tata cara saat membasuh, cobalah untuk membersihkan dari arah miss V ke belakang tepat arah bokong. Hal ini untuk mencegah penyebaran bakteri yang ada di bokong menuju ke miss V.

Memakai sabun khusus

Beberapa wanita kadang suka sekali untuk membasuh organ intimnya menggunakan sabun khusus. Tujuannya memang baik untuk menyegarkan dan membuat miss V menjadi wangi. Namun membasuh area kewanitaan dengan mengunakan sabun khusus hanya disarankan jika berada dalam pengawasan dokter.

Boykepedia mengutip fakta dari dokter Boyke bahwa penggunaan sabun khusus bukannya tidak mungkin akan meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada organ intim wanita. Bisa dibilang organ intim wanita sangat rentan terutama setelah berhubungan intim. Cukup membasuh wanita dengan air saja, jika memang ingin menggunakan sabun cukup dengan menggunakan sabun yang lembut dan bukan sabun khusus.

Mengelap vagina dengan tisu basah

Usahakan untuk mengusap miss V dengan air mengalir, karena hal itu sangat baik untuk mencegah iritasi dan juga bakteri yang mengumpul. Penggunaan tisu basah sebenarnya tidak disarankan karena kebanyakan tisu basah mengandung bahan-bahan yang sensitif pada miss V wanita.

Jika memang terpaksa, coba untuk memilih menggunakan tisu basah yang netral atau yang relatif aman. Penggunaan tisu basah yang memang mengandung bahan seperti alkohol, gliserin dan minyak bisa memicu alergi lebih lanjut dan bisa menyebabkan iritasi serta nyeri.

Berendam bersama pasangan

Berendam atau mandi memang baik paska bercinta dengan pasangan. Namun yang perlu diperhatikan adalah menghindari untuk mandi atau berendam bersama pasangan ketika setelah bercinta. Hal itu dikarena miss V akan rentan mengalami infeksi akibat penetrasi saat bercinta. Bukannya tidak mungkin organ intim wanita bisa saja terpapar oleh bakteri yang ada dari kulit anus pasangannya jika memang berendam atau mandi bersama. Jika memang ingin berendam bersama lebih baik lakukan sebelum bercinta.

Tidur dengan mengenakan pakaian dalam berbahan bukan katun

Untuk tidur sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang berbahan nilon, rayon, polyster karena pakai tersebut akan membuat kulit cenderung lembap dan bisa meningkatkan risiko infeksi jamur terutama pada organ intim wanita. Sebaiknya gunakan pakaian dengan bahan katun yang akan memberikan kesempatan tubuh kamu untuk bernafas terutama bagian organ intim. 

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter