25K

Gatal pada area tubuh memang biasa, namun apa jadinya jika gatal yang terlalu sering tersebut terjadi pada organ intim, terutama organ intim?

Meskipun sudah banyak informasi mengenai rasa gatal pada organ intim namun tetap saja kebanyakan orang masih belum memedulikan hal tersebut karena menganggap hal tersebut masih biasa, bukan masalah besar. Dokter Boyke mengatakan sebaiknya jangan menganggap remeh, kesehatan organ intim pun merupakan kesehatan utama dari keseluruhan tubuh.

Bilamana orang menganggap ini adalah hal yang remeh justru akibat yang timbul akan semakin besar. Salah satunya adalah terjadinya iritasi yang tentu akan membuat tidak nyaman pada organ intim tersebut baik bagi pria maupun wanita.

Lalu apakah penyebabnya?

Penyebabnya tentu ada beberapa hal, salah satunya adalah tumbuhnya bakteri atau jamur yang tidak baik pada organ intim. Infeksi jamur biasanya akan menyerang pada organ intim wanita, meskipun memang ada juga yang ada para pria, tetapi kasusnya tetap lebih banyak pada wanita.

Infeksi jamur ini terjadi karena pertumbuhan jamur yang sebenarnya normal, namun karena suasana organ intim yang kadang lembap menjadikan jamur tersebut menjadi gatal. Lama kelamaan hal ini juga akan berdampak pada infeksi.

Infeksi jamur ini tentunya lebih berisiko terutama jika orang tersebut aktif dalam berhubungan seksual atau ketika imun tubuhnya sedang lemah. Infeksi jamur jika dibiarkan begitu saja tentu malah akan menyebar dan mengganggu fungsi organ reproduksi terutama wanita. Hal lainnya dari dampak ini adalah munculnya rasa nyeri, tidak nyaman dan juga mungkin akan sakit. Dokter Boyke mengatakan orang yang memang sudah tahu organ intimnya ada infeksi jamur haruslah segera mungkin diobati dan konsultasi sebelum kondisi semakin memburuk.

Selain dari infeksi jamur, ada hal lain yang bisa membuat organ intim menjadi gatal. Boykepedia mengutip pakar spesialis kulit dan kelamin dr. Eddy Karta. Dokter ini mengatakan bahwa faktor lainnya selain jamur adalah kontak dengan sabun.

Bukan berarti semua sabun akan mengakibatkan rasa gatal, hanya saja untuk beberapa orang yang memiliki kulit sensitif tentu hal ini akan membuat kulit menjadi iritasi. Sabun juga biasanya akan mengakibatkan rasa gatal disertai dengan kulit kering mengelupas.

Boykepedia juga mengutip bilamana memiliki kulit sensitif harus benar-benar diperhatikan mengenai bahan dari sabun tersebut. Pilihlah sabun yang memang cocok untuk kulit kamu. Selain sabun, boykepedia juga mengutip bahan seperti pelicin yang memang kurang cocok dengan kulit justru akan membuat gatal-gatal

Tentunya kita sebagai manusia tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan, salah satunya adalah kesehatan organ intim. Dokter Boyke menambahkan kebiasaan ringan seperti mengganti bahan celana dalam kepada yang lebih lembut, sering mencuci organ intim dan berhubungan seksual sehat sudah menjadi syarat wajib untuk menjaga kesehatan organ intim.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter