29K

Minum air putih atau air mineral tentu sudah menjadi kebiasan baik bagi setiap orang. Indonesia sendiri sudah sering mengkampanyekan minum air minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh. Bahkan salah satu negara produsen teknologi dunia, yaitu Jepang mengharuskan warganya untuk meminum air putih. Ada salah satu keharusan minum air putih di Jepang yang sangat unik, yaitu minum air putih ketika perut sedang kosong.

Kebiasaan minum air putih tentunya sangat baik bagi tubuh. Tubuh kita sebagian besar mengandung cairan yang tentunya berfungsi sebagai memperlancar aliran darah dan juga oksigen. Tubuh yang kekurangan cairan biasanya akan terkena dampak risiko dehidrasi yang lebih tinggi.

Dehidrasi yang terlalu lama juga akan menimbulkan penyakit dan gangguan kesehatan bagi orang tersebut.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan tubuh pria membutuhkan sebanyak 2,6 liter air dan wanita sebanyak  2,1 liter air. Hal tersebutlah yang mendasari kampanye minum air minimal 6 sampai 8 gelas per hari. Jumlah air bisa ditambahkan lagi apabila orang tersebut berada di suhu yang memang panas atau orang tersebut sangat aktif dalam kegiatan.

Nah kembali kepada pembahasan mengapa Jepang menyarankan agar warganya untuk meminum air putih ketika perut kosong. Berikut boykepedia merangkum beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi air putih dalam perut kosong

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Minum air disaat perut sedang kosong sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh orang tersebut. Minum air dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh ketika perut kosong. Keseimbangan cairan tersebut juga yang akan menjaga kekebalan tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit yang diakibatkan virus dan bakteri.

Membersihkan racun

Minum air putih di saat perut kosong juga dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh. Racun yang ada di dalam tubuh tentu akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meminum air putih yang cukup saat perut kosong maka tubuh akan dengan sendirinya membersihkan racun dan menjaga tubuh tetap sehat. Racun tersebut dikeluarkan melalui urin dari hasil setelah minum air yang cukup. Meminum air putih juga sangat baik untuk membantu produksi sel otot dan sel darah baru.

Cegah perut kembung

Banyak yang mengira dengan meminum air saat perut kosong akan menyebabkan perut kembung. Justru dengan meminum air di saat perut kosong dapat mencegah hal tersebut. Minum air saat perut kosong terutama pagi hari bisa menjadi detoks racun yang mencegah perut kembung. Perut menjadi tidak kembung dikarenakan meminum air di saat perut kosong juga akan meningkatkan dan mempercepat pembakaran kalori.

Tidak adanya kandungan kalori dalam air membuat mengonsumsi air di pagi hari dalam keadaan perut kosong menjadi salah satu detoks racun dan mencegah perut kembung. Tak hanya itu, metabolisme juga akan meningkat dan mempercepat pembakaran kalori.

Menyehatkan pencernaan

Minum air putih saat perut kosong juga sangat berkaitan erat dengan sistem pencernaan. Meminum air mampu untuk mengeluarkan racun dari sistem pencernaan dan menjaga kekebalan serta kesehatan organ pencernaan. Pencernaan yang kurang air bisa menjadi awal menurunnya kesehatan tubuh, maka tubuh akan mudah terkena penyakit bila tidak meminum air terutama saat perut kosong.

Mencegah batu ginjal dan infeksi kantung kemih

Minum air putih saat perut kosong terutama setelah bangun tidur akan memberikan manfaat untuk mengurangi risiko batu ginjal dan juga penyakit pada kantung kemih. Minum air putih dapat memperlancar aliran darah pada kedua organ tersebut, selain itu sirkulasi cairan juga dapat lebih lancar sehingga mampu untuk menghindari aneka ragam penyakit.

Menyehatkan kulit

Minum air putih saat perut kosong juga ternyata memberikan manfaat untuk melancarkan gerakan pada usus untuk lebih lancar dan teratur. Ini karena cairan pada tubuh menjadi lancar serta akan memberikan manfaat pada kulit agar terlihat lebih segar.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter