840

Ketika anak demam, pengobatan yang paling populer dilakukan oleh orang tua biasanya adalah memijat anak dengan bawang merah. Biasanya para orang tua juga memberikan minyak telon untuk memberikan rasa nyaman pada sang anak.

Boykepedia mengutip dari beberapa sumber, memang benar faktanya bahwa bawang merah memiliki manfaat yang bisa melebarkan pembuluh darah. Maka dari itu biasanya pijatan bawang merah ini digunakan untuk menurunkan suhu tubuh anak yang sedang demam.

Namun ada pula hal yang perlu di perhatikan oleh para orang tua bahwa dibalik manfaatnya, bawang merah juga bisa dibilang dapat membuat iritasi pada kulit anak, apalagi jika kulit anak termasuk kulit yang sensitif.

Bukan hanya masalah iritasi, masalah lainnya adalah bau dari bawang merah sendiri yang memang kadang membuat anak menjadi tidak nyaman akibat bau yang menyengat. Padahal kenyamanan adalah hal utama yang harus orang tua perhatikan ketika anak sedang demam.

Begitu pula dengan ramuan minyak telon dan bawang merah. Bisa dibilang ramuan tersebut tidaklah menyembuhkan, namun ramuan tersebut memang bisa memberikan rasa hangat pada tubuh sang anak. Ramuan ini lebih kepada cara tradisional masyarakat yang sudah menjadi adat istiadat.

Boykepedia juga sangat menyarankan untuk para orang tua menghindari penggunaan bawang merah yang disertai dengan minyak kayu putih atau minyak telon untuk bayi. Untuk lebih amannya sebaiknya gunakan baby oil atau cukup diusap dengan air hangat saja karena kulit bayi masih sangat sensitif.

Orang tua juga harus memperhatikan tingkat laku anak, apabila anak saat demam masih bisa untuk bermain, makan, minum bahkan tenang-tenang saja, tidak perlu khawatir langsung memberikan obat penurun panas. Cukup berikan saja air minum yang banyak dan rutin kepada sanga anak agar tidak dehidrasi. Namun jika anak sudah mulai merasa tidak nyaman dengan keadaan demamnya ada baiknya langsung berkunjung ke dokter.

Cara sederhana lainnya sebagai bentuk tindakan awal dalam demam selain dengan pijatan bawang merah adalah dengan memandikan anak dengan air hangat. Ini merupakan salah satu terapi thermoregulasi untuk mengatur agar suhu kembali menjadi normal.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter