1K

Para orang tua tentu akan senang jika anaknya bisa memiliki banyak teman di lingkungannya. Namun memang ada beberapa dari karakter teman-teman anak yang bermacam-macam dan ternyata bisa membuat orang tua khawatir jikalau ada salah satu teman yang berperilaku kasar terhadap teman lainnya.

Hal itu sebenarnya adalah karena ketakutan dari pihak orang tua yang khawatir anaknya akan terpengaruh dengan perilaku teman tersebut. Hal tersebut ternyata sesuai dengan sebuah penelitian dari Penelitian di Ohio di mana banyak respons orang tua yang khawatir terhadap sikap anaknya terbawa menjadi kasar.

Penelitian terbaru membuktikan bahwa perilaku  kasar pada anak-anak bisa membuat anak lainnya ikut terpengaruh. Para peneliti ini juga setuju jika efek dari menyebarnya perilaku kasar di antara anak-anak bagaimana penyakit infeksi yang sulit terbendung.

Perilaku kasar akan tumbuh dan kecenderungannya terjadi pada jaringan sosial. Perilaku kekerasan ini bisa menyebar seperti penyakit menular dari satu orang ke orang lainnya. Pendapat ini merupakan hasil dari penelitian pada tahun 90-an, di mana dilakukan sebuah penelitian terhadap 6000 responden murid Sekolah Menengah Pertama. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kemungkinan anak akan melukai atau berperilaku kasar terhadap orang lain akan meningkat 183 persen jika ia memiliki teman yang juga pernah berbuat kasar pada orang lain.

Laporan lainnya Boykepedia mengutip dari Jurnal Kesehatan Umum di Amerika yang menyimpulkan bahwa jika seseorang teman dalam satu lingkup pergaulannya pernah menodongkan senjata, maka risiko orang tersebut untuk menodongkan senjata akan meningkat sebanyak 140 persen. Bukan hanya itu jika temannya juga pernah terlibat perkelahian serius maka kemungkinan orang tersebut juga untuk berkelahi dapat meningkat 40 persen.

Studi ini mengungkapkan bahwa efek yang terjadi pada teman langsung dari anak itu saja, namun jika memang anak itu masih berada dalam satu ruang lingkup pergaulan dengan temannya yang pernah berbuat kasar meskipun tidak dekat akan berpengaruh pada peningkatan kekerasan pada dirinya.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter