2K

ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi. Namun, di usia enam bulan biasanya ibu memberikan makanan pendamping ASI. Bayi usia enam bulan biasanya diberi pure atau bubur halus.

Nah, yang perlu dicatat ialah makanan bayi terbaik ialah makanan yang diolah sendiri di rumah. Selain terjamin kebersihannya juga terjamin dari campuran kimia yang bisa membahayakan kondisi bayi.

Karenanya, Boykepedia kali ini akan memberikan resep makanan bayi untuk usia enam bulan, yang tentu saja bisa ibu buat di rumah.

Makanan bayi pure beras merah atau beras putih

Bahan:

Beras merah secukupnya

ASI

Cara membuat:

Beras merah atau beras putih dimasak menjadi bubur, disaring kemudian dicampur dengan ASI.

Makanan bayi pure pisang

Bahan yang disediakan:

50 gram pisang ambon kupas, potong-potong

3 sdm (30 ml) ASI

Cara membuat:

Blender pisang dan ASI hingga lembut. Tuang ke mangkuk dan segera berikan kepada bayi.

Bubur susu

Bahan yang disediakan:

10 gram tepung beras.

20 sdm (200 ml) ASI

Cara membuat:

Masak tepung dengan sedikit air. Setelah masak tuangkan di mangkuk kemudian tambahkan dengan ASI. Sebaiknya gunakan tepung buatan sendiri.

Nah Boykepers, itulah tadi beberapa resep makanan bayi usia enam bulan. Upayakan tekstur bubur lebih halus. Kekentalan bubur bisa disesuaikan dengan usia bayi. Kemudian, jangan mencampurkan penyedap rasa baik itu gula, garam apalagi pemanis buatan. Sebab fungsi ginjal bayi belum sempurna.

Pemberian makanan bayi sedikit demi sedikit. Ini untuk mengetahui reaksi bayi. Jumlah pemberian makanan bisa bertambah seiring dengan pertumbuhan dan pertambahan usia bayi.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter