2K

Secara alami, wanita hamil tentu mengalami kenaikan berat badan. Seiring dengan berat bayi di dalam tubuh kamu, peningkatan volume darah, pertumbuhan rahim dan cairan ketuban (yang melindungi janin) juga dapat menjadi faktor berat badan naik.

Namun, terlepas dari itu, banyak wanita yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Berikut Boykepedia menjabarkan beberapa penyebab wanita alami kegemukan saat hamil.

1. Obesitas

Jika kamu sudah gemuk, maka akan cenderung untuk mendapatkan tiga kali berat badan lebih dari normal, selama kehamilan. Jika kamu kelebihan berat badan dengan BMI lebih besar dari 30, maka kemungkinan berat kamu akan bertambah setidaknya 30 dan tentu kamu tahu dampak dari komplikasi kegemukan.

2. Makan Lebih dari Diperlukan

Karena banyak calon ibu percaya bahwa makan selama kehamilan berarti asupan makanan untuk dua orang bukan satu, mereka akhirnya makan lebih banyak dari yang dibutuhkan dan menambah berat badan, yang dapat membuat mereka obesitas bahkan bertahun-tahun kemudian. Makan yang cukup, yang terpenting adalah nutrisi dan gizi makanan yang kamu makan.

3. Minum Susu Terlalu Banyak

Meskipun susu merupakan kebutuhan penting selama kehamilan, namun jika berlebihan hanya akan membuatmu obesitas.

4. Tidak Cukup Tidur

Begadang di malam hari bisa membuat kamu mendapatkan berat badan. Karena jika tidurmu kurang, maka kamu akan senantiasa ingin memakan makanan berlemak dan makanan manis. Jadi, usahakan saat hamil kamu tidur sampai delapan jam tidur.

5. Stress

Stres meningkatkan kadar kortisol, yang mempengaruhi metabolisme dan membuat kamu gemuk. Jika kamu berencana untuk hamil, mulai bergerak aktif, seperti yoga.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter