1K

Pernahkah kamu melihat anak terlihat sedih dan tidak memiliki minat sama sekali? Jika ya, maka mungkin ia menunjukkan tanda-tanda depresi.

Namun, banyak orang tua yang tidak bisa membedakan antara kesedihan biasa yang dialami anak dengan kesedihan atau prilaku anak depresi.

Ingat, depresi anak jika tidak diobati bahkan bisa menyebabkan komplikasi kesehatan mental, yang dapat mempengaruhi kehidupan mereka di kemudian hari.

Jadi, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui tanda-tanda mengalami depresi. Nah, Boykepers berikut beberapa tanda anak mengalami depresi yang harus kamu tahu.

1. Prestasi kelas menurun

Jika anak tiba-tiba mendapatkan nilai rendah di sekolah, dimungkinkan anak mengalami depresi. Depresi bisa membuat anak kehilangan fokus, konsentrasi dan kemampuan memori.

2. Tiba-tiba lemah

Jika anak aktif tiba-tiba menunjukkan kelelahan seara konstan, bahkan setelah ia istirahat, maka ini bisa menjadi tanda anak mengalami gejala depresi.

3. Tidak bergairah

Jika anak sering mengatakan 'tidak suka' dalam berbagai hal, itu bisa menandakan anak mengalami depresi.

4. Menarik diri

Jika anak tiba-tiba berhenti bermain atau bersosialisasi dengan teman-temannya, maka itu bisa menjadi tanda anak mengalami depresi.

5. Menutup diri

Jika anak lebih memilih tinggal di kamar sepanjang hari, walau ia diajak jalan atau mengunjungi tempat favoritnya.

6. Tidak peduli

Anak-anak dengan depresi cenderung acuh tak acuh terhadap kasih sayang yang ditunjukkan oleh orang tua.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter