1K

Setiap bulan, wanita pasti akan mengalami masa menstruasi akibat adanya siklus pelepasan ovarium atau sel telur yang matang. Jika sel telur ini tidak bertemu dan dibuahi oleh sperma, dia akan meluruh bersama dinding rahim. Luruhannya akan keluar melalui vagina. Hal inilah yang dinamakan menstruasi atau haid.

Sebagai proses metabolisme tubuh yang biasa terjadi para wanita secara kontinyu, masyarakat melahirkan berbagai macam mitos yang dianggap sebagai sebuah kebenaran dalam menghadapi fenomena ini. Dalam artikel ini, Boykepedia sudah menghimpun beberapa mitos yang sering dipercaya namun ternyata tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.


1. Haid Tidak Boleh Kramas

Padahal, saat sedang haid, tubuh wanita cenderung mengeluarkan banyak keringat dan minyak, termasuk di kulit kepala. Karena itu, keramas justru diperlukan agar rambut senantiasa bersih dan nggak lepek. Rambut yang bersih dapat memperbaiki mood wanita saat sedang haid lho, Boykepers!


2. Haid Tidak Boleh Makan Nanas

Orang yang sedang haid tidak boleh makan nanas karena menimbulkan keputihan. Benarkah demikian? Padahal, nanas mengandung nutrisi yang bagus untuk mengurangi kejang otot saat sedang nyeri haid.


3. Wanita Haid itu Kotor

Banyak orang yang menganggap bahwa wanita yang sedang haid itu kotor, sehingga tiddak diperbolehkan mencuci baju atau memasak. Nyatanya, wanita yang sedang haid tidak sekotor itu. Mereka tetap bisa beraktivitas seperti biasa dan tidak akan menimbulkan efek buruk seputar higienitas.


4. Haid Sakit Karena Rahim Terluka

Memang, saat haid ada darah yang keluar melalui vagina dan terkarang merasa nyeri di bagian perut bagian bawah. Namun, sakit yang terasa bukan karena rahim terluka. Nyeri yang terjadi dikarenakan aliran darah yang tidak lancar dan kram otot.


5. Minuman Soda Mempercepat Haid

Banyak yang bilang bahwa minum minuman bersoda dapat mempercepat periode haid. Padahal, sebenarnya siklus dan periode haid berhubungan erat dengan hormon dalam tubuh. Walaupun minuman bersoda tidak menyebabkan periode haid memendek, tapi minum minuman bersoda berlebihan dapat memperparah nyeri haid.


6. Haid Tidak Boleh Minum Es

Minum minuman dingin tidak menimbulkan efek berbahaya selama haid. Namun, terkadang minuman dingin membuat perut kembung dan begah yang membuat tidak nyaman. Efek samping tersebut tidak berhubungan dengan proses haid sendiri.


7. Haid Tidak Boleh Berenang

Wanita yang sedang haid sah-sah saja untuk berenang. Karena tekanan air, darah tidak akan keluar dan membanjiri kolam. Sekedar tips, lebih baik menggunakan tampon saat sedang berenang.


8. Berhubungan Seks Saat Haid Tidak Menimbulkan Kehamilan

Kehamilan bisa saja terjadi karena berhubungan badan kala haid. Karena, masa subur wanita bisa saja terjadi bebarengan atau tak lama setelah haid. Sperma dapat bertahan beberapa haid di dalam rahim dan siap membuahi ovum yang sudah matang. Seks saat haid tidak dianjurkan karena masalah kebersihan.


9. Darah Haid adalah Darah Kotor

Darah yang keluar saat haid memang mengandung banyak bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar. Namun bukan berarti darah haid adalah darah kotor. Darah yang keluar sebenarnya sama saja dengan darah biasa, hanya saja diikuti dengan luruhan dinidng rahim.


10. Haid Membuat Wanita Tidak Secantik Biasanya

Wanita tetap dapat beraktivitas seperti biasa walaupun sedang haid. Penampilan pun juga tidak jauh berbeda dengan biasanya. Jangan biarkan haid menghalangi aktivitas wanita dalam berkegiatan dan produktif.


Nah, dengan lebih mudahnya teknologi komunikasi yang ada saat ini, memungkinkan kita untuk mengakses informasi yang benar. Hanya gara-gara mitos tersebut dieprcaya masyarakat luas, bukan berarti adalah sebuah kebenaran.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter