3K


Bulan puasa sudah tiba, tentu kebiasaan yang biasa kita lakukan akan berubah. Beberapa diantaranya yaitu kita akan bangun sepertiga malam untuk melaksanakan sahur. Meskipun begitu memang sahur bukanlah hal wajib yang harus dilakukan tetapi tetap saja sangat dianjurkan dahulu untuk melaksanakan sahur sebelum puasa di sepanjang hari.

Masih banyak orang yang bisa dibilang malas untuk melaksanakan sahur, bahkan ada beberapa yang melaksanakan sahur hanya dengan meminum air mineral saja. Sahur sebenarnya sangat efektif untuk menunjang semangat dan aktivitas ketika puasa.

Pada saat berpuasa tentunya kamu pribadi ingin tetap memiliki tubuh dan semangat yang bugar untuk menunjang aktivitas. Nah maka dari itu sahur merupakan salah satu kunci tubuh untuk mendapatkan zat gizi dan juga energi yang cukup untuk beraktivitas.

Ketika puasa tubuh tidak akan mendapatkan asupan gizi sama sekali dalam rentang waktu yang panjang yaitu sekitar 14 jam . Sahur penting dilakukan agar tubuh bisa mendapatkan asupan zat gizi selama menjalankan ibadah puasa dan juga aktivitas sehari-hari.


Lalu apakah ada anjuran bagaimana cara makan yang baik saat sahur?

Untuk porsi makan saat sahur sebenarnya bervariasi dan tergantung dari pribadi masing-masing, tetapi yang dianjurkan adalah takaran sekitar satu pertiga dari kebutuhan kalori dalam sehari dan usahakan jangan terlalu kenyang. Lalu sisa dari dua pertiga kalorinya bisa disantap saat berbuka puasa.


Mengapa harus seperti itu?

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah proses pencernaan yang tergantung bila disekaliguskan karena perut belum siap untuk mencerna banyak makanan sekaligus, selain itu dilakukan juga agar tubuh bisa terasa lebih bugar di pagi hari.


Lalu apa yang terjadi jika seseorang tidak melakukan sahur? Nah boykepers yang akan terjadi ketika orang tersebut tidak melaksanakan sahur, maka pada saat berbuka puasa orang tersebut akan lapar mata atau mengkonsumsi apapun seperti orang kelaparan. Hal tersebut sangat tidak baik mengingat bilamana orang tersebut mengkonsumsi makanan dalam jumlah tinggi maka kadar kolesterol da teknanan darah akan naik, dan bisa-bisa rentan terhadap penyakit.

Meskipun begitu memang bisa dibilang individual fisik dari setiap orang akan berbeda, ada beberapa orang yang bisa bertahan puasa tanpa sahur ada juga yang tidak, ada juga orang yang tanpa sahur tetapi tetap makan normal dan tidak berlebihan. Namun kami menyarankan untuk sahur karena sahur akan membuat tubuh semakin prima dan optimal dalam melakukan kegiatan pada saat puasa. 


Bagaimana caranya agar orang mempermudah melaksanakan sahur untuk orang yang malas?

Tentunya adalah tanamkan niat dalam diri kamu untuk melaksanakan sahur, karena semuanya bersumber kepada dirimu sendiri, bisa didukung juga dengan mengurangi tidur malam serta memasang jam alarm untuk bangun sahur.


Tips lainnya saat sahur adalah konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi sehingga bisa dicerna lebih lama oleh lambung atau alternatif nasi bisa menggunakan roti gandum.

Lalu tambahan lainnya adalah minumlah segelas susu pada saat imsak, bisa dibilang susu juga mempunyai manfaat untuk meberikan kenyang lebih lama. 


Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak berlebihan saat sahur agar tubuh juga tetap terjaga hingga usia tua nanti


Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter