890

Siapa sangka, alat pendeteksi kehamilan (test pack) dapat mendeteksi hal lain melalui air kencing? Hal inilah yang dialami oleh seseorang di forum online beberapa waktu silam. Pria muda ini iseng untuk mencoba test pack dari mantan kekasihya. Saat air kencingnya diperiksa, ternyata test pack menunjukkan hasil positif! Apakah ini artinya pria tersebut hamil? Tentu saja tidak.

Salah seorang netizen yang membaca pengalaman pria ini di internet menyarankannya untuk memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, jika air kencing pria dinyatakan positif oleh test pack, bisa jadi ini merupakan salah satu tanda pria tersebut menderita kanker testis! Setelah memeriksakan diri, ternyata hasilnya benar-benar positif. Pria ini mengidap kanker testis walaupun masih stadium awal. Beruntungnya dia masih memiliki harapan hidup tinggi walaupun kemungkinan harus merelakan satu testisnya.

American Cancer Society menyatakan kanker testis memiliki tingkat keberhasilan hidup yang tinggi. Rata-rata tingkat keberhasilan hidupnya mencapai 95 persen. Walau kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau organ lain, pengidapnya masih memiliki 72 persen kemungkinan hidup untuk setidaknya 5 tahun lagi.

Hasil yang didapatkan dari test pack tentu saja tidak lantas menjadi sumber satu-satunya untuk mendeteksi kanker. Seseorang tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan yang lebih terperinci. Alat tes kehamilan bekerja untuk mendeteksi hormon yang disebut Beta-HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Beta-HCG diproduksi oleh sel-sel dari plasenta wanita selama kehamilan, tetapi juga diekskresikan oleh beberapa tumor, namun tidak semua penderita kanker testis. Hal ini bergantung dengan kadar Beta HCG dalam darah dan urin penderita.

Penggunaan test pack hanya bisa dipakai sebagai salah satu cara pendeteksian dini kanker. Dengan begitu, menggunakan alat tes kehamilan ini diharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat kanker testis. Walau begitu, saat ini orang masih jarang yang menggunakan test pack untuk mendeteksi kanker. Padahal, hasil dokumentasi medis mengatakan bahwa beberapa pasien baik pria maupun wanita yang mengidap sakit pada pankreas, paru-paru, dan kanker lainnya juga memiliki kadar Beta-HCG yang tinggi.

Nah, sekali-kali tidak ada salahnya membeli test pack untuk pemeriksaan dini tubuh kita ya, Boykepers!

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter