798

Di dunia yang serba digital ini, hampir tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan secara virtual, termasuk bergaul dan menjalin hubungan. Teknologi memang memungkinkan komunikasi yang lebih mudah, cepat, serta menembus ruang dan waktu. Setiap hari hampir semua orang bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain secara virtual. Karena itu, tidak sedikit orang bertemu, menjalin hubungan romansa, bahkan menikah dengan seseorang yang mereka kenal melalui dunia maya.

Online dating menjadi populer semenjak adanya kemudahan-kemudahan ini. Orang beramai-ramai membuat akun virtual untuk menunjukkan eksistensi dan mencari sosok pasangan idaman di dunia maya. Awalnya, online dating dianggap sebagai hopeless way, atau jalan terakhir yang dilakukan untuk mencari jodoh bagi orang-orang yang tidak laku di dunia nyata. Namun, lambat laun kencan online tidak lagi dipandang sebelah mata. Banyak juga yang menggunakan cara ini bukan karena tidak laku, melainkan untuk beberapa alasan yang cukup logis.

Cukup banyak menuai pro dan kontra, dalam artikel kali ini Boykepedia akan menjabarkan beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memulai untuk mencari teman kencan online. Bukan tentang benar atau salah, online dating sama dengan metode komunikasi lain. Selalu ada kelebihan dan kekurangan, bergantung pribadi masing-masing.

 

1. Tetapkan Tujuan

Tegaskan lagi dalam dirimu, mengapa kamu memulai untuk kencan online. Apakah yang kamu cari pasangan hidup, teman main dan seru-seruan, atau prospektif klien bisnis. Tujuanmu menentukan langkah apa yang harus diambil dan channel yang akan kamu pilih. Jika hanya ingin cari kenalan, kau bisa santai memulai obrolan dan memilih siapa saja. Lain lagi jika kamu serius ingin mendapatkan pasangan hidup.


2. Pilih Channel yang Tepat

Bergantung tujuan yang ingin kamu capai, channel merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan. Jika kamu berharap dapat berkenalan dengan orang yang memiliki hobi atau interest yang sama, bergabunglah di komunitas yang kamu sukai. Pilih situs online dating yang memiliki metode terukur jika kamu berharap kriteria tertentu untuk pasangan hidup. Bijaklah memilih channel sesuai dengan tujuan yang telah kamu tetapkan.


3.Curigai Sesuatu yang “Too Good to be True”

Tak dapat dipungkiri, banyak sekali kebohongan yang terjadi di dunia maya. Memang ada beberapa orang yang jujur tentang dirinya, namun kita tetap harus waspada. Boleh kamu merasa senang jika menemukan sosok yang begitu sempurna dan sesuai dengan harapanmu. Namun jangan terlalu cepat percaya karena kenyataannya tak ada yang sempurna di dunia ini. Gali lagi lebih dalam hal-hal yang ingin kamu ketahui.


4. Hindari Terlalu Cepat Baper

Jika kamu merasa menemukan seseorang yang tepat, tahan dulu perasaanmu. Bukan berarti negative thinking, kamu tetap perlu hati-hati. Kamu perlu membuktikan bahwa semua yang kamu yakini memang benar adanya.


5. Saat Bertemu Langsung

Bertemu langsung merupakan satu-satunya cara untuk membuktikan semua fakta yang dipertukarkan di dunia maya sebelumnya. Bertatap muka dan menghabiskan waktu bersama di dunia nyata tetap wajib dilakukan. Coba buang jauh-jauh ekspektasi yang sudah kamu bangun saat berkomunikasi secara virtual. Dengan begitu, kamu akan lebih objektif menilai kepribadiannya yang sebenarnya di dunia nyata.


Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, tak ada salahnya kamu memulai sebuah hubungan dengan beberapa orang melalui dunia nyata. Kencan online juga bukan pilihan yang buruk kok, bahkan menguntungkan untuk orang yang introvert dan pendiam. Selain itu, proses pencarian lebih mudah dan terkadang lebih leluasa untuk menjadi diri sendiri.

Video terpopuler

Artikel Terbaru
Tanya Dokter